Connect with us

Angel Siswi SMAK Clemens Boawae Ukir Prestasi Sebagai Putri Pariwisata Nagekeo 2018

agustina-angela-teda-nagekeo

Inspirasi dan Motivasi

Angel Siswi SMAK Clemens Boawae Ukir Prestasi Sebagai Putri Pariwisata Nagekeo 2018

Banyak sekolah mendorong anak didiknya untuk memiliki segudang prestasi. Tujuannya adalah agar mereka menjadi sekolah berprestasi. Orang tua dan Guru yang berkualitas dan berprestasi akan melahirkan anak-anak yang berprestasi pula.

Baca : Bambu: Potensi Kembangkan Ekonomi Kreatif Nagekeo

Menjadi sekolah berprestasi tidaklah instan, semua membutuhkan proses dan persaingan yang sangat kompetitif sehingga mampu mencetak anak didik berprestasi.  Agustina Angela Teda (Angel) adalah siswi SMAK St. Clemens berprestasi. Hal ini dibuktikannya saat ia terpilih sebagai Putri Pariwisata Nagekeo 2018.

Prestasi yang diraih butuh perjuangan karena panitia memiliki standarisasi dalam pemilihan, diantaranya adalah kedisiplinan, percaya diri maupun pengetahuan (knowledge) karena ia merupakan ikon pariwisata yang nantinya akan memperkenalkan pariwisata Nagekeo yang masih membutuhkan perhatian serius dari pemerintah daerah terutama soal tujuan (destinasi) wisata, dan lain sebagainya.

Pembangunan kepariwisataan di Indonesia mencakup 4 pilar pembangunan kepariwisataan yakni: (1)destinasi; (2)pemasaran; (3)industri, dan (4)kelembagaan. Keempat pilar tersebut merupakan upaya perwujudan azas pembangunan dengan memperhatikan keanekaragaman, keunikan dan kekhasan budaya dan alam, serta kebutuhan manusia untuk berwisata.

Baca juga : Tour de Flores: Butuh Kesepahaman, Bukan Perdebatan

Keempat pilar tak dapat berdiri sendiri-sendiri karena satu dan lainnya saling berpengaruh. Pengembangan destinasi dan industri pariwsata tentu akan berpengaruh terhadap pencapaian tujuan pemasaran. Dalam hal ini pembangunan pariwisata Nagekeo diharapkan dapat :
  • Menjadikannya sebagai destinasi wisata nasional/internasional yang berkelanjutan;
  • Meningkatkan posisi Nagekeo di pasar internasional maupun nasional sehingga jumlah kunjungan akan meningkat;
  • Memberikan kesempatan bagi industri kepariwisataan sebagai penopang aktivitas wisata untuk berkembang menjadi industri yang tidak hanya memberikan manfaat ekonomi bagi pengusaha atau pemilik usaha, tetapi juga bagi pekerja dan masyarakat luas; dan dari ketiga hal tersebut
  • Menumbuhkembangkan suatu sistem kelembagaan yang ditopang oleh sumber daya manusia yang kompeten melalui regulasi yang ditegakkan secara efektif.

Keempat pilar tersebut mempunyai keterkaitan satu sama lain yang tak terpisahkan. Pada tingkat nasional, pemerintah masih memakai jumlah kunjungan sebagai sasaran untuk mewakili tolok ukur keberhasilan. Meskipun demikian jumlah kunjungan tersebut tergantung kepada bukan hanya keberhasilan pemasaran (promosi) melainkan juga keberhasilan upaya pengembangan destinasi, industri, serta kelembagaannya (manusia, aturan, dan organisasinya).

Jika keempat pilar tersebut yang disederhanakan menjadi penyelarasan fisik (prasarana fisik), penataan, dan pengembangan tempat wisata diaplikasikan dengan baik maka Angelina yang baru-baru ini terpilih menjad Puteri Pariwisata Nagekeo 2018 akan dapat melakoni raihannya dengan baik sebagaimana harapan masyarakat Nagekeo sekaligus sebagai jawaban dari semua pro dan kontra diadakannya ajang pemilihan Putri Pariwisata Nagekeo. SMAK St. Clemens Boawae yang merupakan salah satu sekolah  favorit yang ada dikabupaten Nagekeo juga akan terus mendampingi Angel dalam mempromosikan pariwisata Nagekeo melalui berbagai media.

Bagikan ke :

Continue Reading
You may also like...

Anak Desa Lahir di Ratedao, Web Developer & Digital Marketing Enthusiast. WA 0812 9385 2864

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Inspirasi dan Motivasi

To Top