Connect with us

Bambu: Potensi Kembangkan Ekonomi Kreatif Nagekeo

Bangku dari Bambu - Indah dan Unik

Inspirasi dan Motivasi

Bambu: Potensi Kembangkan Ekonomi Kreatif Nagekeo

Bambu atau aur atau buluh adalah salah satu jenis tanaman yang banyak di temui di Indonesia, mulai dari ujung barat pulau Sumatera hingga ujung timur Papua kita dengan mudah mendapatkan tanaman yang masuk dalam klasifikasi rumput – rumputan tersebut.

bambu nagekeo

Tanaman Bambu

Sebagai jenis rumput – rumputan, bambu mewarisi sifat dari klannya yakni mudah dibudi dayakan serta memiliki laju pertumbuhan yang termasuk cepat, karena sifatnya tersebut tanaman ini tidak akan mengganggu kelangsungan ekosistem saat dipanen / ditebang.

Karena keunggulannya itulah bambu telah dimanfaatkan oleh masyarakat di tanah air sejak dahulu kala untuk berbagai macam kegunaan. Batangnya yang telah besar kerap digunakan sebagai material bangunan, rakit dan lain – lain, sementara batang yang lebih kecil bisa dijadikan berbagai alat kesenian terutama alat musik. Bahkan kulit batangnya pun dapat dimanfaatkan sebagai anyaman untuk macam – macam jenis kerajinan tangan.

Baca : Vesam Etnik Nusantara – Tenun Nagekeo Motor Berkembangnya Ekonomi Kreatif Masyarakat

Masyarakat di kabupaten Nagekeo, Nusa Tenggara Timur sudah sedari dahulu memanfaatkan beragam kegunaan dari tanaman bambu terutama sebagai alat musik. Masyarakat Nagekeo dikenal sangat ahli dalam menciptakan berbagai macam alat musik dari bambu yang mampu mengeluarkan nada – nada indah dan yang mampu menghipnotis serta membuai siapa saja yang mendengarkannya.

Di tangan para seniman Nagekeo, alunan harmoni yang keluar dari alat musik seperti Ndoto, Suling Genang, Sowito, Weto, Hu he dan Bombardom dapat berpadu serasi dengan gerak ritmik para penari tradisional hingga menciptakan kesatuan pertunjukan yang bukan saja menghibur namun juga mampu memberi kesan mendalam yang tak terlupakan bagi siapapun yang pernah menikmatinya.

Perpaduan seni tari dan musik tersebut kini masih bisa ditemui pada gelaran pesta kampung maupun ritual adat setempat dan menjadi bagian penting dari kebudayaan masyarakat di Nagekeo yang masih lestari sampai saat ini. Komitmen masyarakat Nagekeo untuk tetap menjaga budaya asli leluhur mereka itu di tengah derasnya arus kebudayaan modern patut mendapat apresiasi.

Apresiasi pun datang dari pihak pemerintah kabupaten Nagekeo, tahun 2014 lalu Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Nagekeo menggelar Festival Tari dan Musik Bambu Nagekeo. Kegiatan yang konon telah digelar untuk ketiga kalinya tersebut mendapat sambutan antusias bukan hanya dari masyarakat setempat atau masyarakat NTT saja namun juga menarik perhatian luas dari kalangan pelancong baik lokal maupun mancanegara.

Kegiatan seperti itu selain mendorong semangat masyarakat untuk terus melestarikan kesenian dan kebudayaan leluhur juga merupakan media promosi yang sangat efektif dalam mengangkat potensi pariwisata Nagekeo dalam bidang wisata budaya tentunya.

Terlebih lagi potensi yang bisa diolah dari bambu bukan hanya itu saja, tanaman multiguna ini juga bisa dimanfaatkan untuk berbagai kerajinan tangan (handycraft) berbasis etnik.Setidaknya ada 3 elemen dalam konsep pariwisata berbasis budaya (cultural tourism) yang bisa memanfaatkan bambu yakni musik dan kesenian, tradisi masyarakat serta handycraft atau kerajinan tangan.

Bangku dari Bambu - Indah dan Unik

Bangku dari Bambu – Indah dan Unik

Dengan sedikit kreatifitas, cakupan dari pemanfaatan bambu bisa dikembangkan hingga unsur wisata edukasi atau aktifitas di waktu senggang berbasis budaya contohnya dengan mengajarkan para wisatawan cara membuat kerajinan anyaman bambu atau memainkan alat musik yang terbuat dari bambu.

Bisa dipastikan bila diolah dengan baik dan profesional, kesenian serta kerajinan tangan bambu tradsional bisa menjadi salah satu ikon budaya Nagekeo yang menjadi keistimewaan dari daerah ini sekaligus memperkaya kebhinekaan budaya nusantara dan di saat bersamaan memberi dampak yang sangat signifikan untuk meningkatkan taraf sosial ekonomi masyarakat.

Continue Reading
1 Comment

1 Comment

  1. Pingback: Dikemas Dengan Baik Arak Bisa Menjadi Cindera Mata Unik - Nagekeo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Inspirasi dan Motivasi

To Top