Connect with us

Lagu MOGI Dibajak, Perlu Diberi Pendidikan Hukum Bagi Pelaku

Music

Lagu MOGI Dibajak, Perlu Diberi Pendidikan Hukum Bagi Pelaku

Akun Youtube yang mengupload Lagu MOGI versi bajakan (Foto: Screenshoot dari Youtube)

Lagu MOGI Dibajak, Perlu Diberi Pendidikan Hukum Bagi Pelaku – Lagu MOGI begitu populer dijagad nusantara. Banyak diantara yang menyanyi dan menari tapi tidak mengenal atau tahu sang penciptanya, alasan dan dasar penciptaannya.

Awalnya, lagu MOGI tidak terlalu membumi di seluruh lapisan masyarakat. Terbatas pada kalangan menengah ke atas. Karena memang genre musiknya banyak digemari kelompok masyarakat tersebut.

Baca: Jokowi dan Najwa Bermetamorfosis Dalam Balutan Busana Motif Tradisional

Lagu ini populer setelah Mario Klau, jawara The Voice Indonesia 2016, menyanyikan dalam ajang tersebut. Serempak lagu ini terkenal seantero Nusa Tenggara Timur. MOGI versi Mario memang berbeda dengan versi Ivan Nestorman, sang pencipta. MOGI yang dinyanyikan Mario tempo lebih cepat dan bernuansa musik Portu. Lagu ini menjadi musik wajib di panggung atau arena pesta di NTT.

Popularitas MOGI menanjak semakin menjauhkan MOGI yang sesungguhnya dengan sang pencipta. Waktu itu, banyak pihak beranggapan lagunya Mario dan merupakan lagu Portu. Satu kesalahan kecil yang dilakukan pihak Mario waktu itu adalah tidak kulon nuwun alias mohon ijin kepada Ivan untuk melakukan arasemen lagu tersebut. Kesalahan lain adalah artikulasi yang keliru. Tidak mudah untuk mengungkapkan kata-kata dalam syair tersebut yang berbahasa Boawae, Nagekeo, NTT.

Atas dasar itu dan permintaan seorang sahabat, saya menuliskannya di blog pribadi saya. Saran seorang teman yang membaca blog pribadi saya, ia menyarankan saya kirim tulisan tersebut ke Harian Pos Kupang. Saran teman disanggupi, akhirnya keluar opini yang saya beri judul “Lagu MOGI : Kisah Penciptaan dan Makna Emansipasi”.

Buah dari tulisan tersebut – baik di Harian Pos Kupang dan blog pribadi – berhasil mempertemukan Ivan Nestorman dengan pihak manajemen Mario Klau. Saya dihubungi kerabat Mario untuk mediasi Mario dengan Ivan. Saya melakukan kontak via Katarina Mogi, istri Ivan Nestorman, akhirnya saya dapat nomor kontak yang selanjutnya saya teruskan kepada seorang kerabat Mario. Pada akhirnya Mario dan Ivan bertemu kemudian menjadi sahabat sebagai musisi kebanggaan NTT.

Setelah semakin banyak orang sadar dan tahu tentang lagu MOGI, muncul lagi ulah seseorang yang ‘memperkosa’ karya ciptaan musisi asal Manggarai ini. Saya sebut memperkosa sebagai gambaran ekspresi saya setelah menonton lagu tersebut. Musik diarasemen, sedangkan syair dirubah total. Memalukan tidak!

Baca: Refleksi Sosiologis Tentang Ramadhan yang Teologis

Lagu Irama Mogi Terbaru 2017 Dengan Versi Goyang Mogi Ye – Maya e ditemukan oleh George Soge Soo di Youtube. Temuan ini diupload di wall facebook-nya dan di-tag ke Ivan Nestorman, Katarina dan lain-lain. Kirim George Soge Soo mendapat respon dari Katarina Mogi yang kemudian mereka menerukan  ke timeline saya.

Dasar itulah saya wajib menulis dan menggugat kesadaran pemilik akun Youtube Catalleya NTT tentang pentingnya arti hak cipta. Menghargai atas karya cipta orang lain. Bukannya memperkosa karya orang lain dengan sesuka hati.

Video ini diupload oleh diduga pemilik akun, Ed Reyani, pada tanggal 27 Mei 2017. Sejak dipublikasikan di Youtube mendapat 89 likes dan 6 unlikes, dan sejumlah ragam komentar bernada pujian dengan kata-kata seperti “wow keren”. Namun, ada satu komentar dari Lako Nage yang cukup pedas bila dibaca dengan hati oleh sang pemilik akun.

sebagai orang NTT saya malu dengan lagu2 seperti ini. secara musikalitas kalian bagus cuma ini kan bajakan dari lagu MOGI karya Abang IVAN NESTORMAN… kalian hanya mengganti kata2 dan aransemennya saja… saudara  kreatif sedikit jangan bikin malu.. ini semua ada aturan hukumnya kemarin itu Mario Klau juga bajak lagu yang ini tanpa minta ijin, terus nyanyi dan rekaman dengan kata2 yg kacau balau… kalau saja Mario Klau tidak minta maaf ke K IVAN NESTORMAN pasti sudah diproses secara hukum… jadi hanya diselesaikan secara keluarga… S y sarankan Kalian harus minta maaf ke abang IVAN NESTORMAN. jangan main2 dengan karya cipta dan kekayaan intelektual orang ini semua ada aturan hukumnya, kalian bisa didenda krn lagu ini mungkin sudah didaftar di YHCI…

Baca: Kisah Biarawati dari Flores yang Mengharukan

Polemik Lagu MOGI masih lekang di ingatan kita. Kini, ada ulah lagi dan lebih memalukan karena merubah total syairnya. Dan, itu dilakukan oleh orang NTT atas karya orang NTT sendiri. Saya kira saatnya tepat bagi Ivan Nestorman untuk memberikan pendidikan hukum yang tepat kepada orang yang tepat pada situasi yang tepat.

—- Syair MOGI yang Asli

gula anafai ngaza mogi
(Lihatlah gadis itu namanya Mogi)
adu tangia modhe tau ate nga’o
mona noa se’a pu’u lau lego
(Dia sangat cantik yang membuatku jatuh cinta..Dia berasal dari Lego)
 

lovely anafai is nona mogi from nagekeo
(Aku cinta nona Mogi dari Nagekeo)
dancing tea iku she is so beautiful
(Dia penari TEA EKU)
oooo..mogi e
 

o mogi e come and dance with me tonight
(O Mogi datang dan menarilah bersamaku malam ini)
 

mogi e mogi fu kugu
(Mogi e Mogi Rambut Keriting)

mogi e..mogi e
dheo keze walo dheo keze walo
(Jangan pulang dulu..Jangan pulang dulu)
mogi e e

Ditulis dan diterjemahkan oleh Katarina Mogi

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Music

To Top