Connect with us

Nagekeo Siap Menjadi Tuan Rumah PEDA KTNA 2017

selamat-datang-nagekeo

Ekonomi

Nagekeo Siap Menjadi Tuan Rumah PEDA KTNA 2017

selamat-datang-nagekeo

Selamat Datang Di Nagekeo (PEDA KTNA 2017)

Menyambut even Pekan Daerah Kontak Tani Nelayan Andalan (PEDA KTNA) ke- XV Tingkat Provinsi NTT Tahun 2017 di Kabupaten Nagekeo, Panitia Lokal tingkat Kabupaten telah dibentuk melalui Keputusan Bupati Nagekeo Nomor: 64/KEP/HK/2017 tanggal 23 Pebruari 2017 tentang Pembentukan Panitia Pelaksanaan Pekan Daerah Petani Nelayan Tahun 2017.

Pasca pembentukan, Panitia dengan Ketua Umum Sekretaris Daerah Nagekeo, dan Ketua Pelaksana Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Nagekeo, saat ini mulai terus mempersiapkan berbagai hal baik berkaitan dengan substansi kegiatan PEDA maupun seremonial lainnya menjelang acara pembukaan di Lapangan Berdikari Mbay. Detail pelaksanaan di lapangan dipercayakan kepada sekelompok aparatur lintas sektor yang tergabung dalam Sekretariat Bersama (Sekber) guna membantu kelancaran kerja panitia lokal dari berbagai satuan dan organisasi perangkat daerah setempat.

Baca : Kabupaten Nagekeo Raih Penghargaan Dari Pemerintah Pusat

Juru bicara panitia lokal, Ir. Klementina Dawo, yang juga sekretaris Dinas Pertanian Kabupaten Nagekeo, menjelaskan bahwa saat ini persiapan di lapangan telah mencapai sekitar 80%. Di tengah situasi menjelang Paskah dan liburan cuti bersama, kegiatan kepanitian tetap dijalankan.

Seremonial pembukaan diawali dengan acara penyambutan peserta PEDA dari 22 Kabupaten/Kota se NTT. Pada tanggal 18 April 2017, tepat jam 16.00 peserta sudah berkumpul di area civic centre depan Kantor Bupati Nagekeo. Bapak Sekretaris Daerah Nagekeo akan melepaskan parade budaya peserta PEDA KTNA 2017.

Peserta meninggalkan halaman kantor Bupati menggunakan kendaraan masing-masing, selanjutnya bergerak melewati Jln Moh. Hatta hingga depan toko Matahari. Tiba di tempat itu, peserta turun dari kendaraan selanjutnya menyesuaikan diri dalam barisan di mana telah menanti sepasang putra putri berpakaian adat daerah masing-masing dengan papan nama daerah peserta.

Parade budaya peserta PEDA menuju rumah jabatan Bupati Nagekeo dimeriahkan dengan dua pasukan drumband dari MAN Mbay dan SMPK Tozupazo, dan barisan pagar betis para siswa radius ibu kota Mbay. Wakil Peserta akan menerima pengalungan dari Bupati didampingi Wakil Bupati Nagekeo bersama Pimpinan DPRD, Pimpinan OPD dan Undangan di depan Rumah Jabatan Bupati. Acara selanjutnya adalah temu kenal dan makan malam bersama (gala dinner).

Pada acara temu kenal dan gala dinner ini, akan disuguhkan atraksi seni dari sanggar seni Nagekeo, video profil pariwisata Nagekeo, juga yang utama adalah Nagekeo Selayang Pandang yang akan disampaikan langsung oleh Bapak Bupati di samping sambutan Pimpinan DPRD, perkenalan peserta oleh Kadis Pertanian Provinsi dan Laporan Panitia Lokal.

Kesiapan lainnya adalah berkaitan dengan arena PEDA KTNA 2017. Saat ini telah selesai dibangun stan untuk semua kabupaten/kota yang akan dilombakan kecuali stan Nagekeo sebagai tuan rumah tidak dilombakan. Juga telah dibangun plat dekker pintu masuk lapangan berdikari, dan 1 (satu) paket bangunan KM/WC permanen di lokasi podium utama. Untuk mendukung kesuksesan kegiatan PEDA, para pemilik rumah makan dan kuliner setempat, bersama mitra Dinas Pariwisata Kabupaten, turut berpatisipasi langsung dengan menyediakan aneka jenis masakan baik umum maupun masakan khusus khas Flores (eRWe) serta cemilan lokal lainnya.

Khusus upacara pembukaan, makan siang disiapkan di kuliner. Bapak Gubernur dan rombongan serta para peserta dan undangan, termasuk panitia dan masyarakat pendukung acara, semua makan siang di tempat kuliner yang sudah disiapkan dan diatur untuk itu. Masing-masing orang dibagikan kupon makan siang dan selanjutnya menuju kuliner (tukar kupon makan siang) untuk santap siang dengan menu sesuai indeks harga yang telah ditetapkan pemerintah.

Oleh : Bapak Silvester Teda Sada

Continue Reading
You may also like...
1 Comment

1 Comment

  1. Pingback: PEDA KTNA 2017 di Nagekeo, Apa Pentingnya? - Nagekeo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Ekonomi

To Top