Connect with us

Nelayan NTT Keluhkan Kebijakan Pemerintah

patris dprd ntt pdip

Ekonomi

Nelayan NTT Keluhkan Kebijakan Pemerintah

Kupang, nagekeo.com– Kekurangan juru ukur dan sulitnya jangkauan perizinan administrasi pengoperasian kapal masih menjadi masalah yang menghambat kerja dari para Nelayan di NTT khususnya di Flores.

Keluhan para nelayan disampaikan oleh Wakil Ketua Komisi II DPRD NTT dari Fraksi PDIP, Patrianus Lali Wolo ketika melakukan kunjungan kerja ke daerah Flores mendapat keluhan langsung dari para nelayan. Para Nelayan didaerah Flores masih kesulitan dalam hal melakukan pengukuran kapal. Dikarenakan harus ke daerah Sika, dikarenakan di Flores ketersediaan juru ukur terdapat di daerah Maumere, Kabupaten Sikka. Hal ini bisa memberatkan nelayan yang berada di daerah Flores bagian Selatan seperti kabupaten Nagekeo dan Ngada, dikarenakan jarak yang cukup jauh.

Sedangkan dalam hal pengurusan berkas ataupun dokumen terkait SKK (Syarat Kecakapan Khusus) para nelayan harus terbebankan dengan biaya transportasi yang sangat besar, dikarenakan harus diurus di Dinas Kelautan dan Perikanan, Dinas Penanaman Modal, dan Pelayanan Terpadu Satu Atap NTT yang bertempat di Kupang.

Patris Lali Wolo di Kupang

Anggota DPRD Provinsi NTT dapil Ngada, Nagekeo, Ende dan Maumere Patris Lali Wolo menawarkan solusi , “ Terkait Surat Izin Operasi Kapal para nelayan harus mengurusnya di Flores bagian Timur ,hal ini memberatkan para nelayan oleh sebab itu Pemerintah NTT dalam hal ini Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi NTT harus menempatkan juru ukur dan juga terkait pengurusan berkas perizinan di setiap daerah agar mempermudah para nelayan” imbuh Politisi Partai PDIP
Patris juga mendesak pemerintah Provisi NTT untuk sesegera mungkin mendekatkan pelayanan kepada para nelayan.

“Saya di Komisi III DPRD mendesak Pemerintah Provinsi NTT sesegera mungkin dalam hal ini Dinas Kelautan dan Perikanan untuk mendekatkan pelayanan dikarenakan ini terkait hajat hidup para nelayan, sehingga pelayanan publik semakin baik dan juga hidup para nelayan juga lebih baik.” Lanjut Patris


Patris juga menambahkan bahwa dengan adanya terobosan baru dari pemerintah seperti yang disampaikannya akan menunjukan kualitas pemerintah.

“ Yang saya sampaikan agar pemerintah mengubah model pelayanannya, sehingga mutu kualitas Pemerintah di NTT membaik, selain itu bukti keberpihakan pemerintah terhadap rakyat dapat ditunjukan melalui hal-hal yang mempermudah masyarakat,” Ungkap Patris .

Bagikan ke :

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Ekonomi

To Top