Connect with us

Pengertian Domain dan Hosting

domain dan hosting

Internet

Pengertian Domain dan Hosting

Seiring dengan perkembangan dalam teknologi informasi yang semakin pesat maka saat ini para pengguna internet sangat mudah untuk mendapatkan informasi digital yang bisa didapatkan melalui sebuah website.

Untuk membangun sebuah website tentu saja – terlebih dahulu anda harus memiliki domain dan hosting yang bisa didapatkan melalui penyedia layanan registrasi domain yang berafiliat dengan ICANN (Internet Corporation for Assigned Names and Numbers) serta penyedia hosting yang harganya bergantung pada kapasitas penyimpanan, kecepatan, serta uptime yaitu lama waktu sebuah server hosting dapat memberikan layanannya kepada pelanggan. Misalkan perusahaan hosting menawarkan uptime 99% berarti website dan fasilitas hosting akan dijamin dapat diakses secara kontinyu dengan downtime yang sangat minim bahkan jarang terjadi.

Agar lebih mudah dipahami maka disini kami akan menjelaskan secara rinci tentang apa itu domain dan hosting;

Domain

Domain disebut juga sebagai sebuah alamat website dengan tujuan untuk mempermudah para pengguna internet untuk mengingat nama dari sebuah website, contohnya nagekeo.com dan lain sebagainya.

Domain sendiri terdiri dari dua bagian, yakni nama domain itu sendiri dan juga ekstension seperti com, org, net, biz, info, co.id, or.id dimana penggunaannya berdasarkan kebutuhan sebuah lembaga maupun orang-perorang. Contohnya nagekeo adalah nama domain sedangkan .com adalah ekstension.

Baca : Program #NagekeoPintar Sekolah Go Online – Pengerjaan Website Gratis Sekolah di Nagekeo

Nama domain sendiri hanya dapat diregistrasi oleh satu orang / satu lembaga – artinya ketika domain tersebut sudah diregistrasi pada layanan registrasi domain maka orang lain tak bisa menggunakan nama domain dengan ekstension yang sudah dimiliki oleh orang – terkecuali dikasih oleh pemilik nama domain secara gratis atau dengan melakukan jual-beli.

Untuk penamaan domain yang diijinkan hanya menggunakan huruf, angka serta garis penghubung dan penggunaan huruf kapital tak berlaku sebab ketika anda mengetik NAGEKEO.COM pada browser maka anda akan tetap diarahkan menuju situs nagekeo.com.

ICANN (Internet Corporation for Assigned Names and Numbers) sebagai organisasi yang bermarkas di Amerika Serikat yang mengawasi internet telah menetapkan setidaknya ada 3 (tiga) pengelompokan untuk ekstension domain, diantaranya adalah ;

  • generic TOP LEVEL DOMAIN (gTLD)
  • USA Top Level Domain
  • Country Code Top Level Domain (ccTLD)

Untuk lebih detail mengenai Top Level domain, bisa and abaca pada Wikipedia

Hosting

Hosting berasal dari kata dasar Host atau tempat untuk menampung data sebuah website seperti gambar, text, maupun program (script) yang berbasis Server-Side scrips dan sering disebut juga back-end. Data tersebut akan ditampilkan pada layar muka sebuah website (front-end) dan bisa diakses oleh siapa saja, kapan saja dan dimana saja.

Di Indonesia sudah banyak jasa penyedia hosting dan anda akan diberi opsi untuk memilih hosting yang server-nya berada diluar negeri atau yang berada didalam negeri yang dikenal dengan sebutan hosting IIX. Untuk harga sewa hosting tentu saja variatif karena sangat bergantung pada space, kecepatan dan uptime seperti yang sudah kami jelaskan diatas.

Penjelasan tentang domain dan hosting ini memang hanya gambaran besar saja – akan tetapi cukup membantu bagi mereka yang belum memahami tentang domain dan hosting.

Continue Reading
You may also like...

Anak Desa Lahir di Ratedao, Web Developer & Digital Marketing Enthusiast. WA 0812 9385 2864

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Internet

To Top