Connect with us

Penyebaran Internet di Indonesia Belum Merata

Tekno

Penyebaran Internet di Indonesia Belum Merata

Indonesia sebagai negara dengan penduduk terbanyak nomor lima didunia tentu saja mendapat perhatian khusus dari para investor asing untuk segala macam industry, tak ketinggalan teknologi internet. Namun, disisi lain Indonesia juga menjadi negara yang perkembangan teknologi yang cukup lamban seperti salah satu contoh adalah penyebaran pengguna internet yang masih saja fokus dikota-kota besar. Di era MENKOMINFO semasa pemerintahan Bapak Susilo Bambang Yudhoyono memang program “internet masuk desa” sempat dicanangkan bahkan implementasinya adalah dengan membuka warung internet disetiap kecamatan diseluruh Indonesia sehingga masyarakat yang berdomisili diwilayah yang jauh dari ibukota juga dapat menikmati atau dengan kata lain mendapatkan berbagai informasi melalui internet.

penyebaran internet di indonesia

Jaringan Internet

Penyebaran internet yang belum merata ini tentu saja butuh campur tangan semua pihak terutama lembaga pendidikan swasta dan pemerintah, seperti SD, SMP dan SMU mengingat pembentukan atau pendidikan dasar mengenai komputer itu sendiri sehingga setiap orang akan lebih familiar dengan segala sesuatu yang berhubungan dengan komputer dimana salah satunya adalah internet. Hal ini tentu bukan tanpa alasan karena berdasarkan beberapa survey mengatakan bahwa orang masih enggan menggunakan internet karena memang mereka sama sekali tak memahami komputer yang pada hakekatnya telah menjadi bagian hidup manusia didalam menjalankan berbagai aktivitas. Pemerintah sendiri memang terus berupaya untuk mengatasi permasalahan ini dengan memberikan berbagai perangkat komputer pada setiap lembaga pendidikan agar kelak dapat digunakan oleh semua murid dan bukan para pendidik saja.

Kemajuan yang sangat pesat memang akan memberikan dampak yang baik bagi kehidupan bangsa namun perlu adanya perhatian khusus seperti melakukan cross check terhadap setiap perangkat yang diberikan apakah sampai ke sekolah-sekolah yang benar-benar membutuhkannya seperti membangun laboratorium komputer. Memang, Indonesia sendiri mengalami peningkatan yang sangat signifikan untuk pengguna internet (data APJII) akan tetapi sekali lagi kami katakan bahwa hal itu masih berfokus dikota besar saja.

Pengetahuan Dasar Komputer Memadai Akan Lebih Mudah Menggunakan Internet

Karena Internet itu sendiri merupakan sebuah jaringan komputer global maka semua informasi maupun pertukaran data akan dapat dilakukan dengan sangat cepat. Kendalanya, orang masih enggan memanfaatkannya karena keterbatas SDM dimana bagi sebagian orang masih mengganggap bahwa komputer adalah barang mewah padahal manfaatnya sangat besar sekali. Kini, baik itu aktivitas di perkantoran, sekolah telah memanfaatkan teknologi ini maka sudah seharusnya jika setiap sekolah juga memberikan perhatian khusus kepada setiap muridnya dimana komputer tak hanya sebagai pajangan saja akan tetapi menjadi bagian dari aktivitas sehari-hari bagi guru dan murid. Menjadi pekerjaan rumah bagi pemerintah adalah untuk menyiapkan unit komputer itu sendiri serta menyiapkan tenaga-tenaga pengajar yang benar-benar expert dibidangnya termasuk komputer itu sendiri.

Para orang tua perlu menyadari bahwa daripada mereka harus membeli alat-alat permainan / gadget yang mahal bagi anak-anaknya untuk bermain “game” namun alangkah lebih baik jika mereka menginvestasikan pengetahuan kepada anaknya dengan membelikannya sebuah unit komputer untuk digunakan dalam menunjang kegiatannya disekolah juga dengan komputer, anak-anaknya dapat bermain game sesuai dengan keinganan mereka sendiri. Jika usaha dalam “memasyarakatkan komputer” berhasil maka angka penggunaan internet serta merta akan naik dan juga akan lebih merata diseluruh Indonesia. Selain itu pemerintah juga perlu membangun berbagai infrastruktur yang memudahkan mereka untuk membangun teknologi internet hingga ke pelosok-pelosok sehingga para penggunanya akan lebih merata.

Bagi mereka yang berdomisili dikota-kota besar mendapatkan informasi melalui internet sangatlah mudah karena selain jaringan internet yang mudah juga iuran yang ditetapkan lebih terjangkau. Segala jenis bisnis juga dilakukan diinternet baik itu bisnis #otomotif, hotel, restaurant dan lain sebagainya.

Continue Reading

Anak Desa Lahir di Ratedao, Web Developer & Digital Marketing Enthusiast. WA 0812 9385 2864

1 Comment

1 Comment

  1. Pingback: SMPK Kotagoa Siap Mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer - Nagekeo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Tekno

To Top