Connect with us

Presiden Joko Widodo Paparkan Tiga Pilar Keunggulan Daerah Pada RAKERNAS APKASI di Jakarta

presiden-jokowidodo

Nasional

Presiden Joko Widodo Paparkan Tiga Pilar Keunggulan Daerah Pada RAKERNAS APKASI di Jakarta

Presiden Joko Widodo adalah pemimpin yang memberikan harapan bagi rakyat Indonesia untuk sebuah perubahan.

Beberapa hari lalu, tepatnya pada 19 Juli 2017 dalam Rapat Kerja Nasional Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) yang berlangsung di Jakarta Convention Center, Jokowi dihadapan para kepala daerah kembali mengingatkan perihal persaingan yang semakin ketat yang terjadi belakangan ini.

Jokowi dalam sambutannya mengatakan bahwa sebuah daerah dikatakan unggul bukan hanya aspek produktifitas maupun efisiensi semata – akan tetapi daerah membutuhkan sebuah gebrakan yang lebih agar mampu beradaptasi dengan kemajuan yang terjadi.

“Dulu, baik negara, baik perusahaan, baik provinsi, baik kabupaten, baik kota, kalau ingin menang dalam persaingan harus lebih efisien dan lebih produktif. Tapi itu dulu. Sekarang kalau saudara-saudara memiliki kabupaten yang produktif dan efisien saja, itu tidak cukup untuk memenangkan kompetisi. Tidak cukup, butuh lebih dari itu,” demikian sambutan Jokowi setelah secara resmi membuka APKASI Otonomi Expo Tahun 2017.

Setidaknya ada 3 (tiga) pilar keunggulan daerah yang menjadikan sebuah daerah unggul, diantaranya adalah Inovasi, Kreativitas dan juga Jiwa Entrepreneur.

Presiden Jokowi meminta setiap daerah untuk benar-benar memperhatikan sekaligus mengimplementasikan ketiga pilar keunggulan diatas – sebab menurutnya perubahan-perubahan terus terjadi setiap hari dan melalui tiga pilar tersebut tentu saja kita mampu mengantisipasinya.

Baca : Vesam Etnik Nusantara – Tenun Nagekeo Motor Berkembangnya Ekonomi Kreatif Masyarakat

Pada kesempatan ini, Jokowi juga meminta daerah untuk mampu melakukan sebuah terobosan melalui reformasi kebijakan terutama tentang perijinan serta investasi karena dinilai penting diera ini agar kita dapat menatap perubahan yang lebih jauh lagi untuk kemajuan bersama dimasa mendatang.

“Daerah-daerah harus menyiapkan inkubator-inkubator kecil untuk menyongsong ini. Percaya saya, ini sudah tidak bisa dibendung. Ini akan segera datang,” tutur Jokowi.

Menurutnya, perijinan yang berbelit-belit dan memakan waktu yang lama tentu saja akan menjadi kendala dalam mengantisipasi perubahan maka reformasi kebijakan mau tidak mau harus sesegera mungkin menjadi perhatian daerah.

Continue Reading
You may also like...

Anak Desa Lahir di Ratedao, Web Developer & Digital Marketing Enthusiast. WA 0812 9385 2864

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Nasional

To Top