Connect with us

Sikap Hati Seorang Pemimpin

ciri-pemimpin-baik

Inspirasi dan Motivasi

Sikap Hati Seorang Pemimpin

Pemimpin yang baik adalah pemimpin yang memiliki karakter profesional, rendah hati dan amanah (jujur dan bisa dipercaya) karena semua itu merupakan modal dasar untuk “melayani” masyarakat dimana ia memimpin. Tanpa adanya keseimbangan antara ketiga karakter diatas maka predikat sebagai seorang pemimpin ideal akan sangat sulit terwujud ditengah masyarakat yang memegang teguh kepercayaan, adat istiadat dan pandangan hidup.

ciri-pemimpin-baik

Leadership

Kepemimpinan merupakan kemampuan menggerakkan, dan menanamkan kepercayaan pada orang lain atau sekelompok orang guna mencapai keinginan yang diwujudkan.

Kepemimpinan bukanlah sekedar masalah prestise pada jabatan yang dimiliki. Bukan hanya sekedar kedudukan,kekuasaan dan bukan pula sekedar memiliki pengetahuan intelektual yang tinggi mengenai kepemimpinan.

Harus ada keseimbangan antara kemampuan intelektual dengan kepemilikan karakter pribadi yang baik yang dibangun dari pengembangan kualitas kemampuan emosional dan spiritual.

Namun yang terpenting adalah seorang pemimpin harus mempunyai sikap hati yang melayani yang terpancar melalui kerendahan hati. Karena seorang pemimpin yang sering mengunggulkan diri, pada umumnya lebih sering jatuh.

Jadi kepemimpinan yang melayani adalah kepemimpinan yang lebih didasarkan pada kerendahan hati (Humble). Sifat rendah hati mutlak bagi seorang pemimpin. Kerendahan hati seorang pemimpin tampak dalam sikapnya yang mau mendengar kritik dari orang lain, mau memperbaharui diri.

Selain itu, pemimpin yang punya sikap hati yang melayani adalah seoarang pemimpin yang bersedia dan tidak gengsi turun kebawah bersama orang bawahannya untuk melakukan apa yang harus dilakukan, Dia tidak menempatkan diri sebagai superior tetapi sebagai seorang pembelajar kehidupan. sebab pemimpin harus bersedia mengoreksi dirinya sendiri.

Kerendahan hati akan membuat seorang pemimpin tidak menjadi seseorang yang selalu haus akan kekuasaan, karena yang menjadi karakter hidupnya adalah melakukan sesuatu bukan untuk memperoleh pujian dari orang lain, bukan untuk disanjung orang dan dikatakan paling hebat dan paling berjasa dalam suatu pekerjaan.

Kerendahan hati membuat seorang pemimpin melakukan setiap pekerjaannya dengan hati yang tulus. Dan yang menjadi point terpenting sebagai dampak dari kerendahan hati adalah kerendahan hati membuat seorang pemimpin menganggap orang lain sebagai yang lebih utama, tidak menjadikan dirinya sabagai pusat perhatian melainkan memperhatikan dan sebisa mungkin melayani orang lain tanpa berpendapat bahwa dirinya sendiri adalah sesuatu yang patut untuk diperhitungkan.

Jika kerendahan hati dapat membuat seorang pemimpin melayani orang lain dengan tulus, sikap ketulusan membuat seorang pemimpin melayani orang lain dengan penuh sukacita.

Ketulusan membuat seseorang tidak mengharapkan apapun saat melakukan sesuatu yang baik bagi orang lain, bahkan sekedar ucapan terima kasih. Ketulusan hati seorang pemimpin akan membuat ia tidak menjadi orang yang melayani orang lain dengan menggunakan kacamata yang salah, memandang orang berdasarkan status sosial atau banyaknya harta kekayaan yang dimiliki oleh seseorang tersebut.

Ketulusan akan membuat pemimpin tadi melayani dengan sebaik yang ia bisa pada semua orang tanpa membeda-bedakan. Sikap seperti itu ,sesuatu yang sudah sangat langka ditemukan pada saat ini.

Tetapi jika mau menjadi seoarang pemimpin yang memiliki sikap hati seorang pelayan dengan murni dan konsisten melakukannya maka bukalah hati kita untuk mau dibentuk oleh Tuhan? dengan memiiliki hubungan pribadi yang sangat baik dengan Tuhan, saya percaya seorang pemimpin akan dapat memiliki sikap hati tadi.

Pemimpin yang berhasil adalah pemimpin yang dengan ketinggian ilmu, wawasan dan jabatannya semakin merasa rendah hati, tetapi terus memberikan prestasi yang terbaik. Ia bagaikan pohon padi yang semakin lama semakin merunduk dengan memberikan buah padi yang terbaik.”

  • ciri-pemimpin-baik
  • ciri-pemimpin-baik
1 Comment

1 Comment

  1. Pingback: Ini Tanda-Tanda Orang Yang Rendah Hati - Nagekeo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Inspirasi dan Motivasi

To Top