Connect with us

Sosok Pemimpin Ideal Harapan Masyarakat Daerah

napoleon bonaparte

Inspirasi dan Motivasi

Sosok Pemimpin Ideal Harapan Masyarakat Daerah

Pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak akan bergulir pada bulan Juni 2018. Beberapa propinsi, kota dan kabupaten di Indonesia akan menjadi segmen utama dari event ini. Saatnya rakyat Indonesia khususnya Nagekeo menikmati kebebasan hak dalam mewujudkan cita-cita. Kebebasan dalam memilih pemimpin. Kebebasan dalam mewujudkan harapan memiliki pemimpin ideal, visioner serta mampu memberikan kemakmuran, kesejahteraan dan keadilan.

napoleon bonaparte

“Seorang pemimpin adalah seorang penjual harapan.“ – Napoleon Bonaparte

Dalam sistem otonomi daerah, kualitas pemimpin daerah berpengaruh besar terhadap kemajuan dan kesejahteran masyarakat di daerah. Walikota Surabaya, Bupati Banyawangi, Walikota Bandung adalah segelintir contoh pemimpin daerah yang telah melaksanakan harapan rakyat secara maksimal melalui prestasi, pertumbuhan ekonomi, pariwisata dan kemajuan-kemajuan lain di daerah mereka. Mereka patut menjadi contoh bagi para calon pemimpin-pemimpin daerah lain yang akan bertarung dalam pilkada mendatang.

Namun sayang, di banyak daerah lain telah terjadi krisis kepercayaan masyarakat terhadap para pemimpin daerah mereka. Banyak pemimpin daerah yang terkena kasus-kasus yang merupakan hal yang kurang pantas dilakukan oleh seorang pemimpin daerah. Selain itu, banyak pemimpin daerah yang tidak setia pada janji mereka ketika masih berstatus sebagai calon pemimpin daerah ketika berkampanye. Hal ini tentu sangat mengecewakan masyarakat yang telah memilihnya untuk menjadi seorang pemimpin daerah.

Pemimpin daerah harus punya keberanian atas nama rakyat, empati, serta punya tanggung jawab besar dalam mengemban amanah dan wewenang. Pemimpin daerah yang visioner, kuat dan transformatif, bagaimanapun akan mendorong masyarakat dan segenap elemen di daerah untuk semakin merasa memiliki tanggung jawab bersama dalam mencapai suatu tujuan yaitu meningkatkan kesejahteraan masyarakat daerah.

Seorang pemimpin ideal di daerah harus mampu mengusahakan atau menciptakan kemakmuran bagi masyarakat di daerahnya sehingga masyarakat betul-betul bisa disejahterakan. Pemimpin tersebut wajib memiliki kemampuan untuk membuat kehidupan masyarakatnya menjadi lebih baik. Nabi bersabda, ”Pemimpin yang tidak berusaha meningkatkan materi dan akhlak serta kesejahteraan masyarakatnya tidak akan masuk surga” (HR. Bukhari).

Seorang pemimpin daerah harus mampu bersikap adil kepada setiap anggota masyarakatnya. Seorang pemimpin daerah tidak boleh membeda-bedakan masyarakatnya berdasarkan golongan, suku, gender atau agama. Selain itu, pemimpin tersebut harus bersifat objektif tanpa dibarengi kepentingan tertentu. Pemimpin daerah harus berada di tengah atas suatu permasalahan. Ia tidak boleh memihak pada satu pihak atas dasar yang tidak dibenarkan. Intinya seorang pemimpin daerah harus mampu menegakkan keadilan.

Seorang pemimpin daerah juga harus selalu berada di tengah–tengah masyarakat di daerahnya agar selalu mengetahui segala hal yang terjadi serta kondisi masyarakatnya. Pemimpin daerah jangan hanya berada di balik meja kantornya. Ia harus turun langsung ke tengah masyarakat. Ia harus mendengar keluh kesah masyarakatnya secara langsung. Lantas berupaya dengan maksimal untuk menyelesaikan segala permasalahan masyarakatnya. Seorang kepala daerah adalah pemimpin bagi rakyatnya maka sudah sepantasnya ia merakyat.

Seorang pemimpin daerah harus cerdas dan memiliki wawasan yang luas dalam memimpin masyarakat di daerahnya. Kecerdasan dan wawasan calon pemimpin daerah tersebut seharusnya menjadi salah satu pertimbangan masyarakat dalam memilih pemimpin daerah. Masyarakat jangan sampai memilih pemimpin daerahnya dengan pertimbangan kekayaan, retorika atau bahkan hanya karena popularitas. Kecerdasan dan wawasan yang luas mutlak diperlukan oleh seorang pemimpin daerah. Wawasan luas akan menjadi dasar bagi kearifan seorang pemimpin daerah untuk menangani setiap permasalahan di daerahnya.

Seorang pemimpin harus mampu menggelorakan dan mengobarkan semangat masyarakat di daerahnya untuk mencapai tujuan bersama. Selayaknya Bung Karno yang menggelorakan dan mengobarkan semangat masyarakat Indonesia untuk mencapai kemerdekaan, begitu jugalah yang seharusnya dilakukan pemimpin daerah. Ia harus mampu menggelorakan dan mengobarkan semangat masyarakat di daerahnya untuk keluar dari kemiskinan, kebodohan dan segala bentuk keterbelakangan menuju masyarakat yang sejahtera, cerdas dan maju di berbagai aspek kehidupan.

Menjelang pilkada ini, calon pemimpin daerah harus menunjukkan dan menyakinkan masyarakat bahwa mereka tidak memberikan janji dan harapan palsu, melainkan harapan yang akan diwujudkan dan dibuktikan.

Kita semua berharap pilkada pada Juni 2018 nanti akan melahirkan pemimpin daerah yang lebih baik, tetapi jika harapan itu tidak dibarengi dengan pilihan cerdas maka akan sia-sia. Jangan berharap menemukan pemimpin yang ideal kalau masyarakat tidak cerdas dalam memilih. Masyarakat harus cerdas dan pintar dalam memilih. Memilih bukan karena, uang, popularitas bahkan perkoncoan. Pilihlah pilihan yang diyakini bisa mewujudkan harapan masyarakat.

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Inspirasi dan Motivasi

To Top