Connect with us

Tips Memilih Laptop Bagi Pemula

tips beli laptop bagi pemula nagekeo

Komputer

Tips Memilih Laptop Bagi Pemula

Semakin pesatnya perkembangan teknologi, semakin banyak pula teknologi yang dapat membantu pekerjaan manusia, salah satunya ialah laptop. Memilih laptop mungkin akan sedikit membingungkan bagi para pemula. Namun Anda tak perlu khawatir, karena disini akan dipaparkan beberapa tips yang bisa digunakan sebagai pertimbangan apabila Anda ingin membeli sebuah laptop.

Laptop yang dijual di pasaran Indonesia terdiri dari berbagai macam merek dan setiap merek tentunya menawarkan spesifikasi serta keunggulannya masing-masing. Dari berbagai spesifikasi dan keunggulan yang ditawarkan setiap produk, Anda bisa mempertimbangan laptop yang akan Anda beli sesuai dengan kebutuhan Anda. Jangan sampai uang yang telah Anda keluarkan untuk membeli laptop, terbuang percuma karena ternyata laptop yang telah Anda beli tidak sesuai dengan yang Anda butuhkan.

Baca : Program #NagekeoPintar Sekolah Go Online – Pengerjaan Website Gratis Sekolah di Nagekeo

Kebutuhan laptop bagi tiap orang tentu berbeda-beda. Bagi Anda seorang desain grafis memerlukan laptop dengan spesifikasi yang lebih tinggi dari pada seorang pelajar yang hanya membutuhkan laptop untuk mengerjakan tugas-tugasnya. Lain pula dengan gamers yang tentunya juga memerlukan spesifikasi laptop yang berbeda. Oleh karena itu, sangat penting untuk memerhatikan laptop seperti apa yang Anda butuhkan.

Beberapa tips memilih laptop bagi pemula

Terdapat beberapa tips yang dapat Anda terapkan saat memilih laptop. Hal ini bertujuan agar laptop yang Anda pilih dan Anda beli sesuai dengan kebutuhan Anda. Karena apabila laptop yang Anda beli tidak sesuai kebutuhan, tentu akan sia-sia bukan? Nah di bawah ini adalah beberapa tips memilih laptop bagi pemula :

    • Pilih laptop yang sesuai kebutuhan

Sebelum membeli laptop, sebaiknya Anda menentukan laptop seperti apa yang Anda butuhkan. Hal ini akan membantu Anda untuk memperoleh gambaran laptop yang dibutuhkan. Apabila laptop akan digunakan untuk keperluan desain grafis, Anda membutuhkan laptop dengan kapasitas yang cukup tinggi. Seperti misalnya RAM, VGA, kecepatan prosessor, serta besarnya ruang penyimpanan. Selain itu, software yang digunakan juga dapat menentukan pemilihan kapasitas laptop.

Apabila laptop yang Anda butuhkan untuk keperluan kantor atau untuk pelajar yang lebih fokus pada dokumen-dokumen, sebaiknya Anda memilih laptop dengan kapasitas yang lebih kecil. Biasanya laptop hanya digunakan untuk keperluan mengetik, dengan aplikasi serupa yang tentunya membutuhkan sistem hardware yang lebih kecil. Oleh karena itu, Anda cukup memilih laptop dengan spek sedang yang tentunya bisa didapatkan dengan harga yang lebih murah.

Apabila Anda membeli laptop untuk keperluan gaming, maka Anda membutuhkan laptop dengan spesifikasi yang cukup bagus dengan kapasitas tinggi. Anda perlu memilih laptop yang memiliki prosessor yang canggiih, VGA atau GPU yang memiliki kemampuan tinggi, RAM serta ruang pnyimpanan yang berkapasitas besar. Dengan begitu keperluan gaming Anda akan terpenuhi dengan laptop yang telah Anda beli.

    • Pilih laptop dengan harga yang sesuai dengan kantong Anda

Hal yang paling penting saat memilih laptop dan akan membelinya, sebaiknya Anda juga menyesuaikan dengan uang yang Anda miliki. Laptop untuk keperluan gaming serta desain grafis tentu memerlukan biaya yang lebih tinggi apabila dibandingkan dengan laptop yang hanya digunakan untuk mengetik atau keperluan kantor lainnya. Oleh karena itu, sebaiknya Anda memiliki laptop dengan kapasitas dan harga yang sesuai.

    • Pertimbangkan garansi laptop yang akan Anda beli

Seringkali pembeli atau bahkan penjual tidak mengetahui umur laptop yang telah dipilih. Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan saat penggunaan laptop, sebaiknya Anda juga memerhatikan garansi yang ditawarkan pada produk laptop yang akan Anda beli. Hal ini penting dilakukan untuk meminimalisir kerugian Anda.

    • Ajaklah teman Anda saat memilih dan membeli laptop

Saat Anda berkeinginan untuk membeli laptop, sebaiknya Anda mengajak teman sehingga Anda bisa meminta pertimbangan saat memilih. Ada baiknya Anda mengajak teman yang memang mengerti IT. Hal ini dilakukan agar tidak salah saat memilih laptop serta untuk mencegah terjadinya unsur penipuan saat pembelian.

Demikianlah beberapa tips yang dapat Anda gunakan pada saat memilih dan membeli laptop. Dengan memerhatikan beberapa tips di atas, diharapkan Anda akan memperoleh laptop yang benar-benar bisa memberikan manfaat untuk Anda.

Continue Reading
You may also like...

Anak Desa Lahir di Ratedao, Web Developer & Digital Marketing Enthusiast. WA 0812 9385 2864

1 Comment

1 Comment

  1. Pingback: Tour de Flores: Momentum Bagi Fotografer Menghasilkan Mahakarya Fotografi - Nagekeo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Komputer

  • domain dan hosting domain dan hosting

    Internet

    Pengertian Domain dan Hosting

    By

    Seiring dengan perkembangan dalam teknologi informasi yang semakin pesat maka saat ini para pengguna internet sangat...

To Top